Rabu, 23 November 2016

Apa itu Video Streaming, Teleconference & Teknologi animasi, grafis dan Video

Apa itu Video Streaming ??? 


Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser, dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk memutarnya ^^. Ada istilah lain mengenai Video Streaming, video streaming berasal dari 2 kata yaitu Video dan Streaming, dimana Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Sedangkan Streaming adalah proses penghantaran data dalam alira berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya, jadi kita bisa menarik kesimpulan bahwa video streaming adalah transmisi file video secara berkelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.!!!!
Metode Video Streaming ???

Secara umum metode video streaming sangatlah sederhana , yaitu dengan membagi video dalam beberapa bagian paket yang dienkode sebelum dikirim, selanjutnya pada resicivier, paket tersebut akan didekode agar bisa diputar. kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sampai paket video telah dikirim sepenuhnya. terkadang pada saat kita sedang melakukan streaming terjadi loading yang lama hal tersebut dikarenakan data yang dikirim tersendat karena koneksi internet yang lemot. 

Apa itu Teleconference ??

Pertemuan berbasis elektronik secara live diantara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. 

Metode Teleconference ???

Teleconference bekerja denga menggunakan 3 cara yaitu gan voice activation, continous presence, atau gabungan dari keduanya. pertama, pilih software microsoft visual c# 2005 yang merupakan integrated development environment (IDE) yang berbasis .NET Framework 2.0 SP1. Microsoft Visual C# menyediakan Graphical User Interface (GUI) yang mudah didesign dan memiliki banyak library yang sangat membantu dalam pembuatan sistem. selain itu digunakan beberapa library tambahan. seperti :
1. Microsoft Managed Directshow
2. ConferenceXP RTP Filter
3. Microsoft Visual C++ 2005 Redistributed
4. Windows Media Player 11 Codec


Pertama kali, user harus memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) 
dengan memilih radio button. Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box
dan memilih IP yang terdapat pada komputer. Setelah itu, user menekan tombol centang 
yang ada di kanan bawah.
Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi, akan muncul form set 
destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP dan nomor port, user akan tergabung
ke dalam konferensi.
Salah satu aspek yang penting dalam aplikasi video conference adalah penggunaan bandwidth, 
karena aplikasi ini mengirimkan data berupa gambar dan suara yang memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga untuk dapat berjalan dengan lancar, bandwidth yang ada harus mencukupi.

Apa itu teknologi Animasi , Grafis & Video ???

Teknologi Grafik adalah Teknologi yang menciptakan penyampaian informasi ke khalayak dengan suatu teknik yang dicetak. design grafis merupakan salah satu bentuk dalam design yang lebih luas yaitu design komunikasi visual karena yang terakhir ini mencakup media yang juga bisa "bergerak" seperi film iklan, multimedia, audio visual, beberapa bentuk didalam sinematografi, animasi dan televisi.

Teknologi Animasi adalah penciptaan bentuk animasi dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. bahan teknologi sekarang lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi. 

Teknologi Video adalah merujuk kepada beberapa formay penyimpanan gambar bergerak'; format video digital, termasuk Blu-ray Disc, QuickTime, dan MPEG-4; dan video analog termasuk VHS dan betamec. video dapat direkan dan ditransmisikan dalam berbagai mdeia fisik dalam pita magnetik ketika dicatat sebagai sinyak PAL atau NTSC listrik oleh kamera video, atau dalam MPEG-4 atau media digital DV saat direkam oleh kamera digital.


Sumber Referensi :
http://videoconferencing.ubbai.com/2010/07/teknologi-video.com
http://teknologi.kompasiana.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Video_streaming




Tidak ada komentar:

Posting Komentar